Rabu, 20 April 2011

Rancangan Proses Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan : 5
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit

Standar Kompetensi : 1. Kemampuan memahami uang untuk digunakan sebagai alat
tukar dalam melakukan kegiatan Ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan materi tentang Uang
Indikator : 1. Menjelaskan Materi tentang Uang
2. Mendeskripsikan Ciri-ciri Uang
3. Memahami Fungsi Uang
4. Menguraikan Jenis-jenis uang
5. Menjelaskan Nilai Uang
I. Tujuan Pembelajaran : Setelah mempelajari sub pokok bahasan ini, siswa diharapkan mampu :
1. Menjelaskan pengertian uang
2. Mendeskripsikan ciri-ciri uang
3. Memahami fungsi uang
4. Menguraikan jenis-jenis uang
5. Menjelaskan Nilai Uang
II. Materi Pelajaran
1. Pengertian uang adalah alat tukar menukar yang sah yang dikeluarkan oleh pemerintah yang berlaku secara umum dan dapat diterima oleh masyarakat.
2. Ciri-ciri uang :
• Tahan lama
• Nilainya Stabil
• Ringan dan mudah dibawa
• Dapat di bagi-bagi
• Disukai Umum

3. Secara umum fungsi uang dibagi tiga, yaitu :
• Sebagai alat tukar, uang mempermudah manusia dalam melakukan perdagangan.
• Sebagai satuan hitung, uang mempermudah masyarakat untuk menghitung nilai suatu barang dalam mata uang.
• Alat penimbun kekayaan, orang dapat menyimpan sebagian dari kekayaannya dalam bentuk uang yang disimpan di rumah atau di bank dalam bentuk tabungan atau deposito.
4. Jenis – jenis Uang dibagi menjadi :
• Uang kartal, yaitu uang yang digunakan oleh masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli dalam kehidupan sehari-hari. Uang kartal dibagi atas dua bagian yaitu uang kertas dan uang logam.
• Uang giral, merupakan uang yang dimiliki masyarakat dalam bentuk simpanan (deposito) yang dapat ditarik sesuai dengan kebutuhan. Yang termasuk ke dalam uang giral adalah cek dan giro.
5. Secara Umum, Nilai Uang di bagi menjadi:
• Nilai Nominal, Yaitu Nilai yang tertulis/tertera dalam uang
• Nilai Intrinsik, Yaitu Nilai uang berdasarkan bahan pembuatannya
• Nilai Internal, Yaitu Nilai uang berdasarkan kemampuannya di tukar dengan barang
• Nilai Eksternal, Yaitu Nilai mata uang sendiri di tukar dengan valuta asing
III. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan





IV. Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu / Menit
A. Kegiatan Awal :
• Guru memberi salam pembuka
• Guru memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas
• Guru memberi motivasi dengan menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti :
• Guru menjelaskan pengertian uang
• Guru menjelaskan ciri-ciri uang
• Guru menjelaskan fungsi uang
• Guru menjelaskan jenis-jenis uang
• Guru Menjelaskan Nilai-nilai Uang
• Guru mengadakan tanya jawab

2 menit






10 menit
C. Kegiatan Penutup :
• Guru menyimpulkan materi pembelajaran
• Guru memberi tugas kepada siswa
• Guru mengucapkan salam penutup

3 menit

V. Alat / bahan dan Sumber Belajar :
a. Alat / bahan : 1. RPP
2. Spidol dan penghapus
3. Papan tulis
b. Sumber Belajar : Buku Ekonomi SMA kelas X, Penerbit Erlangga : Drs.
Wahyu Adji, dkk.
VI. Penilaian :
Prosedur : a. Penilaian proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar


a. Afektif : Sikap Siswa Selama Proses Pembelajaran

No.
Aspek Yang Dinilai
Bobot
5 4 3 2 1
SB B C TB STB
1. Keseriusan dalam mengikuti pelajaran
2. Responsasi dalam mengikuti pelajaran
3. Kerajinan mengerjakan tugas

b.Kognitif
Instrument :
• Essay Test
Soal Essay Test :
1. Sebutkan pengertian uang!
2. Sebutkan ciri-ciri uang!
3. Jelaskan fungsi dari uang!
4. Uraikan jenis-jenis uang!
5. Jelaskan Nilai dari Uang!
Jawaban :
1. Uang adalah alat tukar menukar yang sah yang dikeluarkan oleh pemerintah yang berlaku secara umum dan dapat diterima oleh masyarakat.
2. Ciri – ciri uang antara lain, yaitu :
 Tahan lama
 Nilainya Stabil
 Ringan dan mudah dibawa
 Dapat di bagi-bagi
 Disukai Umum
3. Fungsi uang, yaitu :
 Sebagai alat tukar. Uang dapat mempermudah manusia dalam melakukan perdagangan atau melakukan transaksi ekonomi.
 Sebagai satuan hitung. Uang dapat mempermudah masyarakat untuk menghitung nilai suatu barang dalam mata uang.
 Sebagai alat penimbun kekayaan. Orang dapat menyimpan sebagian alat kekayaannya dalam bentuk uang yang disimpan di rumah atau di bank dalam bentuk tabungan atau deposito.
4. Adapun jenis – jenis uang adalah :
 Uang kartal, merupakan uang yang digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli dalam kehidupan sehari-hari. Uang kartal dibagi menjadi dua, yaitu uang kertas dan uang logam.
 Uang giral, merupakan uang yang dimiliki masyarakat dalam bentuk simpanan (deposito) yang dapat ditarik sesuai dengan kebutuhan. Uang giral dibagi menjadi dua yaitu cek dan giro.
5. Adapun Nilai Uang itu adalah:
 Nilai Nominal, Yaitu Nilai yang tertulis/tertera dalam uang
 Nilai Intrinsik, Yaitu Nilai uang berdasarkan bahan pembuatannya
 Nilai Internal, Yaitu Nilai uang berdasarkan kemampuannya di tukar dengan barang
 Nilai Eksternal, Yaitu Nilai mata uang sendiri di tukar dengan valuta asing

c.Psikomotorik Efektifitas Perilaku Siswa

No
Aspek Yang Dinilai Bobot
5 4 3 2 1
SB B C TB STB
1. Daya tanggap siswa
2. Kecepatan dalam belajar
3. Keaktifan siswa dan cara siswa mengutarakan pendapatnya



Keterangan :
SB : Sangat Baik
B : Baik
C : Cukup
TB : Tidak Baik
STB : Sangat Tidak Baik

VII. Pedoman Penilaian :
1. Penilaian Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pembelajaran dan sikap terhadap guru dan teman-temanya.
2. Penilaian Psikomotorik
- Daya tanggap siswa
- Kecepatan dalam belajar
- Keaktifan siswa dan cara siswa mengutarakan pendapatnya
3. Penilaian Kognitif
Jumlah soal : 4 soal
Skor / bobot soal : 25 / soal
Nilai : 4 x 25 = 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar